ASSALAAMUALAIKUM WARAHMATULLAAHI WABARAKAATUH

"Sugeng Makempal wonten Laman Blog Kula {E_Ponk}"

Senin, 15 Agustus 2011

CATATAN HATI

Tuesday, 6 Juni 2011

21.47 waktu Selangor

Baru balik dari GM, setelah sebelumnya  dibuat uring-uringan sama kawan-kawan, iya Umi Anna bolak-balik call…, panggilan sampai dengan 9 kali, baru saya call balik beliau, rupanya beliau nyuruh saya dkk ke GM segera, ada hal yang amatttt.., penting. Saya rikuh sekali karena sepertinya malam ini adalah waktunya latihan shalawat dan nasyid, setelah hari sebelumnya juga saya absen dengan alasan pengen buka puasa di rumah ( karena waktu itu malem Selasa, alias hari Isnen ),eeemmmm.., dan hari ini kembali tidak dapat hadir, alasan kedua karena lambat balik pasal magriban di surau kilang dan lagi hari ini ada rencana saya untuk prepare tulisan tentang Al-Qur’an guna lembar kata mutiara esok ketika hari H kajian PUBA.

“Hallo.., Assalamualaikum wr.wb..,” sapa saya dalam telefon bimbit,

“Waalaikumsalam wr,wb.., Epi.., ke GM ya…,ada acara penting ini, kaka mohon ya.., ajak juga Irma dan Juita ( beliau salah menyapa Yunita.red )” sambung beliau,ka Anna dari seberang,

“eeeemmmm…, maaf ka, Epi barusan dari tandas, jadi kurang tahu ada telepon ka Anna…,lagian baru balik ini..,” jawabku agak gusar,

“Ga apa.., tapi Epi ke sini ya…., please.., ada yang pentingggg…, banget…, Epi mesti dating ya…, ajak juga Irma dan kawan-kawan ya..,”

“Maaf ada apa ya ka..?? kok kayaknya mustahak sekali??”

“Iya ini acaranya uda mau mulai ,Epi cepet kesini ya…., kaka dan kawan-kawan tunggu…,

“Iya.., uda ka.., Insya Allah saya ke situ sama kawan-kawan.., Assalamualaikum wr.wb…,”

“Iya.., ka tunggu…., Wassalamualaikum wr.wb”



***
“Tok..,tok…,tok…,” pintu diketok

“Pi tadi Anya ada call kau kan??” kata kawan dari bawah..,

Saya buka telefon bimbit lagi.., eeemmmm 2 panggilan tak terjawab dari Ukhti Anya,yayuuu..,

Saya gegas call balik dia,

“Assalamualaikum wr.wb.., “ sapa ku..,

“Waalaikumsalam wr.wb.., E_Ponk .., ayo laju ke GM…, ka Anna call-call terus.., aku takut..,” kata Anya dari seberang gusar..,

“Tenang-tenag…, Ini yayu uda di mana?? Iya tadi juga beliau call Eponk..,”

“Aku uda di depan hostelmu..,laju.., aku tunggu..,”

“Iya.., jap ya.., aku buang sampah dulu, baru balik nih.., baru siap makan..,”

“Iya cepetan ya.., “

“Ya.., wassalamualaikum wr.wb..,”

“waalaikumsalam wr.wb”


***
“Tok.., tok., tok..,” saya mengetok pintu bilik Irma di sebelah..,

“Assalamualikum wr.wb.., emmmm.., maaf ka Rindu, Irmanya mana??”

“Irma njemuri baju di bawah de..,”

“oooo.., gitu.., ya uda makasi ka..,Wassalamualaikum wr.wb..,”

“Iya.., waalaikumsalam wr.wb..,”


***
“Irrrrrr.., kau ya.., aku call-call.., ga diangkat..,”

“Sorry hp ku lagi tak chas..,”

“Jom ke GM..,”

“Ihhhh.., ngapain??”

“Ga tau., ka Anna dari tadi call aku mulu…,laju….,”

“ Iya…., jap ya.., aku selesain jemuranku…,”

“Ya.., Anya juga uda nunggu tu di depan..,”

“Ok..,”


***
“Assalamualaikum wr.wb…,yayu.., maaf ya.., membuatmu menunggu…,”

“Waalaiakumsalam wr.wb…, iya ga papa.., Eponk.., aku takut banget.., ada apa si?? Kok ka Anna ngomong ke aku kaya mau nangis gitu.., aku jadi takut n kepengin nangis.., jangan -jangan masalah  LCD itu.., juga printernya..,ahhhh.., aku takut…, kayaknya lebih serem ka Anna dey ketimbang ibuku sendiri..,”

“Uda-uda…, jangan nangis.., aku juga ga enak, mentang-mentang uda LPJ eee…, kok langsung gam au dating latuhan ntar dikiranya.., padahal memang sedang ga bisa datang, ada hal…,”

“Ya uda jom laju..,” sambung Irma..,


***
Di jalan.., kawan-kawan uda pada calling terus…, ihhhh…, jadi tambah ga enak ini..,

Sejurus berlalu, dan kami bertiga samapai juga di depan GM.., Ukhti Ayu sudah menjemput kedatangan kami bertiga,

“Assalamualaikum wr. Wb..,ada apa ya ukh..,??” tanyaku..,

“Waalaikumsalam wr.wb.., hehehe…, akupun kurang yakin.., ayolah masuk dulu.,” jawab Ukhti Ayu sekenanya

Lampu GM dimatikan.., saya mengetok pintu denga ragu-ragu..,

Hemmm..,

Selamat dating duhai kawanku
Selamat dating di kampong yang baru
Hari ini kita bertemu
Dalam uhkuwah yang terpadu
Setelah lama kita bersama di dalam perjuangan ini
Semoga kasih bersemi kembali dalam naungan cinta Illahi
Ooooo……,

Sepenggal nasyid Melayu dilantunkan oleh kawan-kawan menyambut kedatangan kami..,

Ohhh..,

Dan kejutan sebenarnya adalah…, ketika dari arah dalam ada yang membawa kek ulang tahun serta menyanyikan lagu “Allah peliharalah kami…, Allah lindungilah kami….,”

Baru tersadar kalo kawan-kawan sengaja membuat kejutan buat Anya,yayuku…, dan Ukhti Nur Khasanah.., wah.., saya jadi ikutan terharu melihat yayu menangis gembira..,hemmm indahnya uhkuwah..,

Lepas makan kek…, saya membawakan do’a rabithah sebagai harapan dan penutup acara, berhubung pula jamnya sudah makin malam…,

Sayonara…,
Come back to hostel masing-masing…!!!!!____________________________________________________*


***
Menaiki tangga rumah.., bimbit saya bordering..,
Eeemmm ada nombor asing masuk..,

“Hallo…, Assalamualaikum wr.wb..,”

Dan salam terjawab.., dari seorang lelaki di seberang sana.., hemmm…, baru saya tahu kalau itu senior saya pas sekolah dulu yang rupanya juga bekerja di sini, Malaya..,

Bla.., bla.., bla…,

Berusaha menghormati obrolan beliau meskipun agak tak mengena dan mengenakkan dalam hati pribadi saya, maaf jujur.., ini karena saya masih menghormati beliau sebagai senior dahulu..,

Emmmm…, tapi maaf lagi….,
Mungkin seperti kata beliau “Malaysia Boleh, ma..,”
Jadinya ya…., boleh berubah mungkin, seperti itukah??!!!!

Ah…, hari ini rasanya bingung dan meledak-ledak sekali saya..,

Iya saya masih bingung ketika satu sesi yang lepas saya masih berada di suasana ukhuwah Islamiyah yang kental, dengan kawan-kawan yang shalehah Insya Allah.., oohhh.., betapa indah dan mungkin Anda tidak pernah percaya atau sama sekali menduga..,

Seperti apa yang  senior saya ucapkan blak-blakan…, yang pada intinya…, “BELIAU ITU MENGANGGAP, MENGECAP DAN MENYETEMPEL HABITAT SAYA SEKARANG INI YAITU SG.WEY SEBAGAI TEMPAT BERMARKASNYA WANITA-WANITA INDONESIA YANG SUDAH TERAKULTURASI KEBUDAYAAN YANG NEGATIF DAN SUDAH BERUBAH MENJADI GAUL DARI YANG SEMULA LUGU-LUGU”

Ehhhhh…., jiwa muda saya melambung, meledak…., dalam ucapannya yang saya tafsirkan hanyalah “perendahan diri kaum wanita di Sg.Wey, atau dalam cakupan luasnya beliau merendahkan orang Indonesia lebih-lebih perempuan yang bekerja di Malaya,  “ahhh.., uda pasti.., dia begini…,” “

Hemmmm…, saya menghela napas.., sakit dan sesak sekali rasanya dada saya.., saya ingin marah dan memarahi beliau atas setiap kata yang keluar dari mulutnya, yang asal-asalan itu…, selalu menilai dari sudut pandang mayoriti, mendadak saya benci u/ yang kesekian kalinya pada orang-orang yang merendahkan kaum wanita,karena saya sendiri adalah wanita dan saya merasa tidak semua wanita harus dan kudu menyandang “cap” seperti apa yang beliau tafsirkan, itu terlalu menyakitkan dan bagi saya sama saja dengan “memfitnah”. Padahal bukankah fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan??

Saat itu.., saya hanya dapat menanggapi kata-kata asal keluar beliau dengan senyum kegetiran dan perasaan “prihatin” serta “marah”. Iya.., saya tersenyum semata saya ingin menghargai pendapat beliau meskipun itu sangat menyayat hati saya. Prihatin.., saya prihatin kepada kaum hawa, kaum saya yang “mengapa tidak pernah atau belum mungkin tersadar, terbangun.., kalau selama ini buaian kata-kata dan permainan mereka hanya HARMOKO alias Hari-hari Omong Kosong = zero, mereka hanya ingin mengolok-olok harga diri wanita, mereka hanya ingin mengecap madu tanpa mau bertanggung jawab, mereka itu hanyalah pecundang-pecundang kelas teri, yang mana lain bibir dengan hatinya.., Lihatlah betapa mereka denga n mudah menganggap “semua sama bias dimainkan oleh mereka”

No..no..no.., maaf sekali lagi Anda salah Bung…, dan Anda bagi saya terlampau berpikiran kolot!!!!!

Dan saya juga marah…., marah pada siapa??
Keadaaan??? Tidak benar itu…, bukanlah itu takdir??
Pada lingkungan dan mereka?? Hemmm.., bukankah setiap mereka memiliki hak masing-masing?? Siapa saya mau melarang mereka??
Pada siapa saya marah??

Iya sepertinya saya marah pada diri sendiri
Diri yang sampai dengan hari ini hampir menjajak usia 22 tahun namun masih labil, masih cengeng, masih belum sepenuhnya kuat seperti karang di dasar lautan..,

Ya…, saya menerawang tirai hijau penutup jendela di samping katil biru saya..,

Ahhhh…, saya berpikir, kenapa saya masih saja lemah??
Perubahan apa yang selama ini telah saya peroleh??
Sejenak saya merasa zero dengan keberadaan diri saya yang masih saja jalan di tempat, diam dan tidak berarti apa-apa..,
Saya masih terlalu pupus untuk mengenal Dzat Allah yang sebenar

Dzat yang kudus, suci lagi tanpa sebarang niatan fanna..,

Kemudian saya merernungi diri…,

EVI MAUDIARTI
Berapa tahun kau hidup di dunia??
Hampir 22 tahun kan??
Kenapa tidak mau berlari??
Melainkan hanya mampu jalan di tempat, ya.., mungkin sesekali melakukan PBB ringan seputar di tempat untuk mengelabui kreatifitas,
Kapan berlari?? Kapan kamu kuat dan lebih kuat dari ini??
Kamu harus bisa dan pasti bisa

Ingat!!!!
Allah mengutusmu ke Malaya dan berpisah sejenak dengan orang –orang yang kau kasihi dan sesekali harus berani  melepas kepergian mereka..,
Bukan untuk merubahmu menjadi keras, beringas, lembek ataun mencair
Namun Ingat!!! Allah ingin merubahmu, untuk lebih tawaduk, sederhana dan tidak sombong

Ingat!!!!
Hidupmu , di manapun kamu bukan kamu hendak meminta orang lain untuk memuja, memujimu…,
Untuk menilai kehebatanmu
Untuk menilai keshalihahanmu
Untuk menilai kesucianmu
Untuk menilai maruah dirimu
Untuk menilai kecantikan , kekayaan bahkan kepandaianmu
Apalah arti penilaian manusia, jika ia hanya sebatas nalar dan keteledoran yang berbatas.
Hidupmu, di manapun kamu hanyalah untuk mencari ridho Allah SWT,
Buakna puja puji manusia,Ingat itu baik-baik!!!

Ingat!!!!
Usah bersedih saat fitnahan mungkin menghampiri
Bukankah seorang yang beriman tidak akan luput dari ujian??
Sementara telah kita pahami bahwa ujian itu adalah tarbiyah dari Allah
Kenapa dirimi bimbang??


PERCAYALAH…., YOU FINE  YOUR WAY….,!!!!!!


***
Tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit

Terima kasih kepada sahabatku yang telah sudi sejenak dalam suasana ngantuknya sudi mendengarkan keluh saya hari ini,

Emmmmmm……, saya rasa ini bukan keluhan yang akan menjadikan saya lemah,
Namun ini semua justru batu loncatan untuk saya agar lebih paham bagaimana Islam sesungguhnya mengajarkan kita arti kesehatan lahir bathin, jiwa raga dan hablun minallah wa hablun minannas…,


***
Untuk senior, kawan , Anda dan siapapun yang membaca dan mungkin ya g beranggapan bahwa seorang TKI khususnya wanita yang pernah ke Malay khususnya Sg. Wey adalah “BOLEH” entah dalam artian apa itu?? (mungkin maksudnya negative)

Saya mohon maaf sekali dari lubuk hati yang paling dalam…, bahwa ga sepatutnya dan ga sepantasnya apa yang Anda anggap itu sebuah kebenaran dan keniscayaan,


***
Dengarkan saya sekali lagi..,
Saya tidak pernah menyesal menjadi TKI dan pernah ke Malaya..,
Saya telah berusaha membuka cakrawala pemikiran saya supaya tidak kolot namun tetap bertumpu pada syariah..,
Dan saya temukan kunci terhebatnya adalah “POSITIF THINKING”
Dan saya akan selalu berdo’a semoga Allah menjadikan saya wanita yang sentiasa berpositif thinking, selalu..,
Saya akan berusaha memandang sebuah kehinaan dalam kaca mata orang sebagai sebuah keindaha dalam bertamaddun bersama Allah AAJL,
Saya yakin hanya  Allah sumber segala sesuatu di muka bumi,
Saya yakin hanya Allah yang akan menyelamatkan kita, kesucian kita, maruah kita, dan kehormatan kita, serta yang meninggikan dan merendahkan derajat kita

Semua terpulang pada diri IBDA BINAFSIKA

Sekian





Dalam metamorphosis sempurna
E_Ponk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar